Selasa, 22 Januari 2013

Atom, Ion dan Molekul dalam Metabolisme Tubuh Manusia


Atom, Ion dan Molekul dalam Metabolisme Tubuh Manusia
Metabolisme berasal dari bahasa Yunani, “ Metabole “ yang berarti berubah. Jadi, metabolisme adalah proses kimiawi suatu organisme. Metabolisme juga bisa dikatakan sebagai modifikasi senyawa kimia secara biokimia di dalam organisme dan sel. Metabolisme biasanya terdiri atas tahapan-tahapan yang melibatkan enzim, yang dikenal pula sebagai jalur metabolisme.
Metabolisme merupakan aktivitas hidup yang selalu terjadi pada setiap sel hidup. Pada metabolisme sel, bahan dan energi diperoleh dari lingkungan sel yang berupa cairan, misalnya darah. Cairan yang mengelilingi sel disebut cairan ekstrasel. Cairan ini terdiri dari ion dan gas berikut :
1. Gas O2 dan CO2
2. Ion anorganik ( terutama Na+ , Cl- , K+ , Ca++ , HCO3- , PO4-3 )
3. Zat organic, yaitu makanan dan vitamin
4. Hormon.
Mekanisme pertukaran zat dalam sel dengan cairan ekstrasel melalui lima cara :
1. Difusi, yaitu proses pemindahan cairan atau gas melalui selaput atau membrane dari konsentrasi tinggi ke konsentrasi yang lebih rendah.
2. Osmosis, yaitu proses pemindahan cairan pelarut dari konsentrasi rendah ke konsentrasi yang lebih tinggi melalui membrane yang tidak dapat ditembus zat yang larut.
3. Transport aktif, yaitu gerak molekul melalui membrane sel melawan arah arus difusi alami
4. Endositosis, yaitu memasukkan sesuatu dari luar ke dalam sel dan menyelubunginya dengan membrane sel, lalu membentuk vesikel di dalam sitoplasma.
5. Eksositosis, yaitu transportasi sesuatu ke luar sel dengan penyelubungan oleh membrane sel kemudian dilepas di luar sel.
Bahan yang terdapat dalam cairan sel dapat digunakan sebagai bahan baku gula, asam lemak, gliserol, dan asam aminoyang kemudian disusun menjadi makromolekul sel seperti polisakarida, lipid, dan protein asam nukleat.

Metabolisme dapat digolongkan menjadi dua :
1. Anabolisme, yaitu proses pembentukan / penyusunan menjadi molekul-molekul yang lebih besar dan membutuhkan energi. Ex : fotosintesis.
2. Katabolisme, yaitu proses pembongkaran menjadi molekul-molekul yang lebih kecil dan menghasilkan energi. Ex : pembentukan roti, tempe dan tape.

• Atom yang terlibat dalam metabolisme antara lain :
- atom O - atom Na
- atom C - atom Cl
- atom H - atom K
- atom N - atom Ca
• Ion yang terlibat dalam metabolisme antara lain :
- Na+ - H+
- Mg2+ - OH-
- Cl –
• Molekul yang terlibat dalam metabolisme antara lain :
-Enzim sebagai katalisator
-H2O
-O2
-CO2
-Glukosa
- glukogen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar